logo blog

Senin, 05 Februari 2018

Tantangan Kebangsaan Bangunkan Peserta Sosialisasi Empat Pilar MPR RI

Hidayat Nur Wahid membangunkan peserta Sosialisasi 4 Pilar MPR RI
Sosialisasi 4 Pilar MPR RI

pancaroba.com Bandung - Di hari minggu ini, Pak Hidayat Nur Wahid sebagai perwakilan dari MPR RI berkesempatan untuk berbagi tentang kenegaraan dan kebangsaan Indonesia berdasarkan 4 Pilar MPR RI.

Dalam penjabaran beliau selama durasi kurang lebih 2 jam, beliau mengatakan bahwa ada 5 tantangan kebangsaan yang harus mampu dilalui oleh masyarakat di zaman globalisasi ini.

1. Masih lemahnya penghayatan dan pengamalan agama serta munculnya pemahaman terhadap ajaran agama yang kelirudan sempit

2.Pengabaian terhadap kepentingan daerah serta timbulnya fanatisme kedaerhan

3. Kurang berkembangnya pemahaman dan penghargaan kebhinekaan dan kemajemukan

4. Kurangnya keteladanan dalam sikap dan perilaku sebagai pemimpindan tokoh bangsa

5. Tidak bergeraknya penegakan hukum secara optimal

Poin-poin di atas saat dipaparkan dalam forum,berhasil membuat mata peserta terkaget dan membuat posisi duduk mereka dalam keadaan siap dan tegak 90 derajat. Betapa beratnya tantangan yang kini harus dihadapi. Selain masih sibuk dengan masalah pribadi masing-masing tentunya peserta pun akhirnya sadar akan pentingnya peran mereka dalam bermasyarakat.

Sudah terlalu lama kita tertidur dalam bayang-bayang semu yang sesungguhnya banyak masalah yang perlu diselesaikan bersama.Banyaknya masalah yang mengancam akan persatuan dan kesatuan bangsa, lebih baik terlambat mengetahui daripada tidak mengetahui sama sekali.

Seusai sosialisasi, banyak peserta yang akhirnya mempunyai misi baru saat kembali ke dunia masyarakat, dimana mereka harus mampu mencerdaskan lingkungan mereka, tentunya dengan cara yang bisa diterima oleh masyarakat sekitarnya serta memberi teladan bagiaman seharusnya bersikap sebagai warga negara yang menganut Pancasila dan UUD 1945.


EmoticonEmoticon